Asia Pasifik: Konflik, Kerja Sama, dan Relasi Antarkawasan

Buku Asia Pasifik: Konflik, Kerja Sama, dan Relasi Antarkawasan
Buku Asia Pasifik: Konflik, Kerja Sama, dan Relasi Antarkawasan

Hari ini tanggal 29 Mei 2015, Ibu Sukawarsini Djelantik Ph.D atau yang biasa disapa Ibu Suke, meluncurkan buku terbarunya yang berjudul Asia Pasifik: Konflik, Kerja Sama, dan Relasi Antarkawasan (ISBN: 978-979-461-940-7) di Gedung Merdeka Bandung.

Acara peluncuran buku ini diramaikan oleh dua pembicara senior di bidang Hubungan Internasional (HI), yaitu Perwakilan tetap RI di ASEAN Bapak Rahmat Pramono dan Mantan Duta Besar RI untuk Ethiopia Bapak Ramli Saud. Selain itu acara ini dihadiri  juga oleh Rektor Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bapak Prof. Robertus Wahyudi Triweko, Kepala Program Magister Ilmu Sosial Bapak Gandhi Pawitan, Ph.D, beserta dosen Рdosen dan mahasiswa dari berbagai Universitas lainnya dan para tamu undangan.

Buku Asia Pasifik: Konflik, Kerja Sama, dan Relasi Antarkawasan ini diterbitkan oleh Yayasan Pustaka Obor Indonesia dan akan mulai diedarkan pada tanggal 5 Juli 2015. Adapun isi dari buku ini adalah hasil kerja kolektif dari Ibu Sukawarsini Djelantik dan para mahasiswa Magister Ilmu Sosial UNPAR¬† konsentrasi HI. Tulisan saya yang berjudul Kerja Sama Negara-Negara “Five Eyes” Dan Pengawasan Global menjadi salah satu chapter dalam buku ini.

Ibu Suke menuturkan “Buku ini berawal dari keprihatinan karena minimnya buku-buku referensi terkait Hubungan Internasional secara umum, atau kajian Kawasan Asia-Pasifik secara khusus. Kalaupun ada, lebih banyak ditulis dalam bahasa Inggris dengan sudut pandang yang sangat Amerika atau Eropa. Maka kehadiran buku ini diharapkan dapat mengisi kekosongan dan kebutuhan akan buku-buku referensi, selain untuk memberikan sudut pandang bagaimana Indonesia memandang berbagai fenomena dan peristiwa yang terjadi di kawasan.”

Giri Alam
My name is Giri Alam Wigunnara. I live in the beautiful, yet hectic city of Bandung in Indonesia. I am currently a graduate student at Parahyangan Catholic University studying International Relations. Besides politics, my other interest is in open source technology. I have been a Linux user since 2007, and have contributed to several open source projects since then. I enjoy blues music and old movies. Recently I have travelled widely around the ten ASEAN nations, as I see great potential in them and together with some friends, I export and import spices, fruits and leather into the region.